top of page
  • Gambar penulismuty id

Kenapa BAB ku tak Lancar?

“Mbak aku tuh udah bab setiap hari tapi bb ku kok stuck ya padahal udah defisit kalori” (oh ini tandanya bab gak plong guys !)
“Mbak aku tuh selama ini kalau BAB 2 hari sekali”
“Mbak aku BAB sih tiap hari tapi cuma dikit kaya gak plong”
“Mbak aku tuh kalau bab ketergantungan sama dulcolax atau obat pencahar nih”
“Mbak aku baru bisa bab kalau aku minum teh daun jati”


Wah, kalian harus baca tulisanku di bawah ini ya !


Pertama, aku cuma mau kasih tau . Obat diet kalian semahal apapun TIDAK AKAN optimal jika kalian tidak BAB setiap hari dan Tidak Plong . SYARAT MUTLAK diet bersamaku adalah BAB SETIAP HARI DENGAN PLONG .


Beberapa klienku udah patuh sama peraturan Defisit Kalori di Fat secret, tapi pada kebingungan kenapa ya gak turun ?

setelah aku observasi (itulah guna aku disini, curhatlah kalian ya padaku jangan dipendem sendiri ya jangan sungkan hehe) ternyata seratnya dia kurang dari 30 gram.

tau darimana sih aku lihat ?



nah disini keliatan kan serat yang dia konsumsi hanya 9,6 gram. Padahal manusia dewasa harus mengkonsumsi SERAT 30 gram setiap hari WAJIB !

itu kenapa gunanya fat secret aku bisa pantau kalian .













“Ribet ya diet sama mbak Muti nih pakai download Fat secret segala !”

Ribet di awal doang , toh ini buat kebaikan kalian dan aku mau ngajarin kalian juga agar tidak ketergantungan sama obat diet .


Gokil ya ? aku jualan obat diet tapi aku gak mau kalian bermanja manja sama obat diet terus menerus . hehe


Jadi gini, kita kadang ngerasa udah makan buah dan sayur banyak. Sebelum aku belajar soal aplikasi Fat secret ini, kalau sama klien aku cuma bisa denger kengototan mereka bilang “Mbak aneh deh padahal aku tuh udah makan sayur banyak, buah pepaya juga banyak !” Eh, Ternyata enggak, begitu dimasukin ke aplikasi Fat secret ini baru ketahuan semuanya. Bahwa banyak menurut versi dia (si klien) belum memenuhi persyaratan standar pemenuhan kebutuhan serat harian .


Normalnya kita itu wajib BAB setiap hari minimal 1 kali, tidak hanya itu BAB dikatakan lancar apabila saat kita BAB perut terasa plong, gak hanya BAB sedikit aja atau ngerasa kaya masih belom semuanya .

BAB lancar itu bener bener WAJIB kalau kalian mau turun berat badan MAXIMAL .



“Mbak muti nih ngoceh terus soal serat, apaan sih fungsi serat?”

Serat pangan menguntungkan bagi kesehatan yaitu berfungsi mengontrol berat badan atau kegemukan (obesitas), penanggulangan penyakit diabetes, mencegah gangguan gastrointestinal, kanker kolon, serta mengurangi tingkat kolesterol darah dan penyakit kardiovaskuler. Meskipun serat pangan memberikan efek positif terhadap kesehatan, namun juga memberikan efek negatif, sehingga serat pangan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, sebagai acuan kebutuhan serat yang dianjurkan yaitu 30 gram/hari.


btw, ini aku ambil dari jurnal Oleh : Ir. Agus Santoso, MP. fmipa umri

Aku kasih gambaran mana aja serat yang paling tinggi di bawah ini, tap tetep ya acuan kalian tetep FAT SECRET , masukin tetep ke dalam APLIKASI FAT SECRET setiap apa yang kalian makan.



“Udah paham gak sampai disini ?”
“Nyesel gak ketemu aku ? jadi belajar lagi ribet lagi ya ? :p
kalau gak paham loh tinggal tanya aku, jangan dieem aja , ayok curhat sama aku :))

Oiya pengetahuan tentang serat gak cuma sampai disitu ya

Kenapa? Yang harus temen temen tau, serat itu ada 2 macam :

*Serat larut dalam air* dan *serat tidak larut dalam air*


Serat larut dalam air itu gunanya untuk ngebikin bab kita padat, dia itu ngebantu ngebawa makanan makanan yang dia lewatin nempel di dia.


Nah serat tidak larut dalam air itu gunanya untuk bikin kita mules mules, kaya turbo nya kitaaa buat bab, jadi cuma ngeden sedikit udah keluar.

Nah kedua serat itu harus balance karena saling melengkapi.

Coba deh googling apa contoh serat larut maupun tidak larut❤️


dan biar kalian lebih jelas klik link youtube ini :

DI MENIT KE 5 kalian langsung tonton deh, sumpah wajib nonton


silahkan di tonton



itu cuma sebagian kecil aja ya diatas karena aslinya serat itu buanyak ! itu aja aku dikasih sama klienkun yang masyalla pinter banget ngerangkum.


Ada salah satu contoh kasus klienku yang tanya

“mbak aku tuh serat udah 30 gram, bisa bab sih tapi kaya gak plong, kaya agak keras gitu bab nya , sampai aku paksa . kenapa ya ? “
  • pas aku lihat makannya apa aja, ternyata dia kurang banget konsumsi SERAT TIDAK LARUT AIRnya , dikutip dari doktersehat.com SERAT TIDAK LARUT AIR Mencegah terjadinya sembelit dan gangguan pembuangan feses sisa pencernaan. Kalau serat tidak larut yang dikonsumsi jumlahnya sedikit, kemungkinan besar kecepatan pergerakan feses di dalam usus akan terganggu. Akhirnya perut jadi keras akibat kembung. Terus seperti aku bilang diatas serat tidak larus itukan yang bikin kita mules mules biar pup kaya turbo dengan sedikit ngeden keluar wkwkwk bahasaku . Lah kalau si SERAT TIDAK LARUT gak mencukupi jadi gabisa bikin kita bab.

“sudah paham kan sampai disini ?”

ayolaaah please tanya kalau gak paham yaaa jangan diem baeee.


Diet itu sebenernya ada ilmunya, semakin kita memahami tanpa menerka nerka itu ga akan bikin kita stres hehe


“Mbak, kalau seratku udah terpenuhi nih 30 gram , terus aku juga udah makan SERAT TIDAK LARUT DALAM AIR BANYAK BANGET, Ramuan cinta aku juga udah mbak 2 kali sehari tapi masih belom juga bisa bab aku harus gimana huhuhu”

jawabannya : BERARTI KALIAN WAJIB OLAHRAGA , itu akibat kalian kurang gerak coba olahraga peregangan atau pemanasan 10 menit, biar kerja ususnya lebih aktif.



KESIMPULAN Nih aku kasih tips gimana cara bab lancar :

((buat introspeksi dan cukup jawab dalam hati wkwk)

1.Kalian wajib bikin ramuan cinta jahe kunyit Lengkuas sereh jeruk nipis dan garam himalayan dengan cara:

A. Bubuk

B. Diblender

C. Diparut

tambah pakai kurma di blender lebih bagus

VIDEO CARA PEMBUATAN RAMUAN CINTA VERSI AKU


“Mbak kalau dipotong atau digeprek aja gimana ?”

Aku saranin sih pakai 3 cara diatas biar sarinya lebih keluar daripada dipotong sam digeprek .


(setelah baca diatas : “oh iya aku biasanya digeprek, coba ah pakai cara mbak muti diatas”)


2. Jangan tambahkan MADU di ramuan cinta dan kurangi konsumsi gula


(setelah baca diatas : “oh iya aku biasanya nambahin madu malah kadang gula jawab kadang juga nambahin asam jawa, coba ah aku ilangin semua aku nurut cara mbak muti persis ”)


3. Wajib minum RAMUAN CINTA dua kali sehari pagi dan malam hari.


(setelah baca diatas : “oh iya aku biasanya minumnya cuma sekali sehari malah kadang gak minum, coba ah aku minum dua kali sehari , harus bisa ”)


4. Buka aplikasi fat secret, trus lihat total SERAT HARIAN kalian wajib 30 gram sehari, apakah kalian sudah mencapai angka 30 gram ? (ayo jawab dalam hati)


(setelah baca diatas : “ya ampun aku selama ini cuma fokus di kalori doang ternyata selama ini serat berpengaruh banget, dan aku baru tau ada SERAT LARUT DALAM AIR DAN SERAT TIDAK LARUT DALAM AIR coba ah aku otak atik dulu tiap malam besok makan apa aja biar seratnya tercukupi dulu, dan aku harus banyakin SERAT TIDAK LARUT DALAM AIR biar pup ku kaya turboooo”)


5. Gimana cara mencukup kebutuhan serat harian sebesar 30 gram?

Diatas aku udah jelasin loh :( awas ampe gak dibaca novelku ini hehehehe nangis aku .


(setelah baca diatas : “oh iya ciyan ya mbak mut udah bikin novel panjang panjang gak aku baca , cup cup mbak mut wkwkw”)


6. Jangan lupa Air putih min 2-3 liter (diluar ramuan dll)


(setelah baca diatas : “NAH INI AKU HARUS BISA”)


7. Minum yoghurt plain (perhatikan jumlah kalori, kalian harus cari tau berapa kalorinya sebelum membeli)


(setelah baca diatas : “Coba ah aku beli yoghurt plain, kalau gak ada aku coba minum yakult dua kali sehari, tapi aku usahain cari yoghurt plain dulu aaaah, aku coba ke supermarket ah sambil cek cek di fat secret kalorinya tuh yoghurt berapa”)


8. Olahraga ikutin video olaharaga dibawah ini. hanya 10 menit

silahkan tonton video ini

(setelah baca diatas : “coba ah olahraga 10 menit doang, tapi yang santai santai aja aku olahraganya ”)


EKSPEKTASI ku berharap kalian bakal begitu diatas, semoga yaaaa … :p

kalau kalian males males an jalanin diatas tapi ngeluuuuuuuh terus mau bb turun cepet , itu mustahil . karna bb akan turun kalau kalian bisa buang kotoran kotoran dari makanan yang masuk ke badan kalian.

“Mbak mut aku mau nyontek dong mbak mut makan apasih tiap hari biar seratnya tercukupi ?”

Kalau kalian mau ikutin apa yang tak konsumsi boleh, jadi tiap harinya kaya gini :

  • Chia seed 1 sdm aku bikin infuse water

(note : 1 sdm setara kurleb 10 gram , dan sehari manusia hanya boleh konsumsi max 25 gram gak boleh lebih dari itu )

  • Makan jambu 2 (DENGAN BIJINYA WAJIB) dimakan langsung . (berat jambu dua buah sekitar 350 gram) jujur guys setiap hari memang aku selalu makan jambu biji, murah enak dan ku tabur 10 gram lagi chia.


Jadi total konsumsi chiaku 20 gram


Pertama aku nyiapin timbangan makanan nih, kita mulai dari nol yah !




Kedua siapin mangkoknya, ditimbang dulu mangkoknya .. oh beratnya 127 gram.



Ketiga , lalu aku kupas buah jambu kesayanganku , 2 buah jambu . gak boleh dibuang ya bijinya, justru seratnya ya dibijinya itu. dan begitu ditimbang 571 gram .

nah berat sebenernya itu buah adalah 571 gram-127 gram(berat mangkoknya)=444 gram buah jambukuuu.



dan aku kasih taburan chia seed 2,5 sendok makan penuh yang setara dengan 25 gram .

yuk kita masukin di fat secret .




Biasanya gini ni seratku bakalan sekitar 30 gram di fat secret . Tapi kalau aku lagi makan sayur ya aku utak atik aja gimana biar gak lebih dari 30 gram . karena gak boleh ya serat lebih dari gram .


Btw ini aku kasih contoh yaa curhatan salah satu klien ketika aku observasi :


seratnya masih 19,8 gram , aku push harus 30 gram
ini klienku seratnya udah di 29 gram (gak keliatan ya hehe) tapi masih belom bisa bab

dan baru menyadari bahwa seratnya memang sudah terpenuhi, tapi sayang serat tidak larutnya kurang

and finally dia mencukup serat sampai 31 gram dan mengiktui instruksi SERAT TIDAK LARUT DALAM AIR dibanyakin


malah lebih turun lagi bobotnya setelah pup, itu kenapa pentingnya pup tiap hari dan pentingnya mengikuti instruksi dan arahan yang aku berikan. karena apa ? semuanya ada teorinya, jangan panik. semakin banyak pengetahuan kita gak akan stres jalanin diet ini :)

9.386 tampilan1 komentar
bottom of page